5 Kampus Jakarta Terpopuler di Jagat Maya

Tulisan ini saya buat berdasarkan situs http://www.webometrics.info yang saya buka di internet. Iseng-iseng ini berbuah wawasan baru yang akan saya bagi dalam tulisan ini. Isinya adalah pemeringkatan kampus-kampus di seluruh dunia dengan metode tertentu dan diberi tajuk “Webometrics Ranking of World Universities“. Inisiatif ini dilakukan oleh Laboratorium Cybermetrics, sebuah kelompok riset milik Consejo Superior de Investigaciones Cientificas(CSIC), lembaga riset publik terbesar di Spanyol. Webometrics mengacu pada Berlin Principles of Higher Education Institutions.
Sebagaimana kita ketahui bersama, aktivitas kampus itu sangat beragam dan multi dimensi. Ini terlihat dari sangat dinamisnya website dari tiap universitas tersebut. Karenanya untuk mengukur popularitas sebuah kampus di jagat maya, Webometrics mengkombinasikan beberapa indikator sekaligus, yaitu: 50% dari Visibility, 20% dari Size dan masing-masing 15% dari Rich Files danScholar. Visibility diukur dari seberapa banyak jumlah tautan eksternal unik yang membawa kita ke website kampus tersebut yang diukur dengan Yahoo Site Explorer. Size dilihat dari jumlah webpage dari website kampus yang terindeks dari 4 search engine, yaitu Google, Yahoo, Live Search dan Exalead. Rich Files mengacu pada jumlah file dengan format dokumen yang relevan dengan dunia akademis yang berada dalam website kampus tersebut. Dan, Scholar adalah jumlah artikel, tulisan, analisa dan karya ilmiah yang terindeks di Google Scholar.
 
Hasilnya, kita dapat mengetahui peringkat-peringkat dari sekitar 149 kampus di Indonesia. Tapi saya tidak mau membahasnya semua mengingat keterbatasan waktu, tempat dan tenaga. Di sini saya akan berbagi tentang 5 kampus Jakarta terpopuler di dunia maya saja. Kampus-kampus tersebut adalah:
1. Universitas Indonesia
Kampus Rakyat bukan hanya menjadi peringkat 1 di Jakarta tapi juga di Indonesia. Namun, popularitasnya di dunia hanya menempati posisi 562. Kampus dengan logo Makara ini meraih 247 untuk Size, 827 untuk Visibility, 538 untuk Rich Files dan 460 untuk Scholar. Sebuah kebanggaan bagi saya karena pernah berjaket kuning di kampus perjuangan ini.
2. Universitas Gunadharma
Kampus ungu ini menempati posisi 2 di Jakarta dan 4 di Indonesia, tapi di posisi 845 untuk dunia. Gunadharma meraih 411 untuk Size, 971 untuk Visibility, 326 untuk Rich Files dan 1908 untuk Scholar.
3.Universitas Mercu Buana
UMB ada di posisi 3 paling populer di Jakarta, 20 di Indonesia dan 1760 di dunia. Nilai yang diraihnya adalah 1498 untuk Size, 2388 untuk Visibility, 1266 untuk Rich Files dan 2238 untuk Scholar.
4. Universitas Tarumanegara
Untar berada di peringkat 4 Jakarta, 29 di Indonesia dan 2553 di dunia. Nilai bagi Tarumanegara sebagai berikut: 3988 untuk Size, 7322 untuk Visibility, 1697 untuk Rich Files dan 1761 untuk Scholar.
5. Universitas Bina Nusantara
Binus bercokol di tangga kelima di Jakarta, 30 di Indonesia dan 2600 dunia. Raihan angkanya adalah: 2236 untuk Size, 2956 untuk Visibility, 1710 untuk Rich Files dan 5165 untuk Scholar.

Selamat kepada kampus-kampus Jakarta yang mampu menjadi lebih populer di dunia maya dibandingkan belasan bahkan puluhan kampus lain di ibukota.

Advertisements

About maulanar
Terima kasih telah memberikan komentarnya... Dan selamat membaca setiap artikel yang ada, semoga memberikan setiap manfaat dari apa yang di baca... May you all be the lucky

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s