5 Negara Tersukses di Ajang Thomas Cup

Hanya ada tiga Negara; Malaysia, Indonesia, dan Cina yang pernah menyabet gelar juara selama Piala Thomas digelar sejak tahu 1949 silam. Tim Indonesia memimpin dalam jumlah total dengan tiga belas gelar juara. Indonesia memenangkan empat gelar berturut-turut dari tahun 1970 melalui 1979 dan lima gelar berturut-turut dari 1994 sampai 2002. Sepuluh tahun berada di bawah “cengkraman” Indonesia, diikuti kebangkitan tim Cina pada tahun 2004 – ketika Cina memenangkan gelar ke-5nya di Jakarta. Dalam rangka digelarnya helatan Piala Thomas dan Uber di Wuhan, Cina 2012 ini, kali ini uniknya.com mendata 5 negara tersukses yang memenangkan gelar juara. Berikut ulasannya:
1. INDONESIA

Juara 138 kali – Runner up 5 kali
Tim nasional bulu tangkis Indonesia, dibawah PBSI mewakili Indonesia di kompetisi bulutangkis dunia. Sejauh ini, tim Indonesia belum pernah absen dari turnamen Piala Thomas sejak pertama kali masuk dan memenangkan kompetisi pertamanya di tahun 1958. Tim Indonesia adalah tim paling sukses di ajang Piala Thomas.
Tim pria Indonesia telah berpartisipasi dalam Piala Thomas sebanyak 23 kali, dengan memenangi gelar 13 kali dan tidak pernah gagal lolos. Tim ndonesia selalu tampil dipertandingan terakhir tepatnya 18 kali, dan tidak pernah gagal menempatkan dirinya diantara empat tim teratas dunia. Dalam hal itu, tim Indonesia pria-pun memenangkan kejuaraan perdana Piala Axiata 2012. Selama turnamen itu, tim senior (Garuda Indonesia) mengalahkan tim junior mereka (Indonesia Rajawali) pada 5-1 agregat.

2. RRC

Juara 8 kali – Runner up 2 kali
Tim nasional bulutangkis China merupakan tim Republik Rakyat Cina dalam berbagai kompetisi tim pada ajang bulutangkis internasional. Tim ini berada di bawah naungan  Asosiasi Bulutangkis Republik Rakyat Cina. China pernah memenangkan Piala Thomas 8 kali dan Piala Uber 11 kali. China juga memenangkan lebih banyak medali bulutangkis di Olimpiade dibandingkan negara lain.
3. MALAYSIA

Juara 5 kali – Runner up 8 kali
Tim nasional bulu tangkis Malaysia adalah tim bulutangkis Malaysia dalam kompetisi internasional. Tim pria Malaysia telah menikmati kesuksesan besar, setelah memenangkan Piala Thomas lima kali, terakhir pada tahun 1992. Namun, tim perempuannya belum memberikan prestasi terbaiknya setelah berhasil lolos ke Piala Uber tujuh kali. Malaysia adalah negara pertama yang berhasil menyabet gelar Juara di ajang Piala Thomas pertama digelar. Tim ini pernah mengoleksi 5 kali kampiun juara dan 8 kali di posisi runner up.
4. DENMARK

Runner up 8 kali
Tim nasional bulu tangkis Denmark adalah tim bulutangkis asal Denmark yang mewakili bangsa Denmark di kompetisi antar tim bulutangkis internasional. Tim ini  dikontrol oleh Danmarks Bulutangkis Forbund, sebuah badan untuk bulu tangkis di Denmark. Tim Denmark, terbilang tim asal Eropa yang cukup tangguh dan diperhitungkan oleh tim-tim lainnya. Denmark berhasil menempatkan dirinya, diposisi runner up, sebanyak 8 kali ( 1949, 1955, 1964, 1973, 1979, 1996, 2004, 2006).
5. KOREA SELATAN

Runner up 1 kali
Tim nasional bulu tangkis Korea Selatan mewakili Korea Selatan di kompetisi bulu tangkis beregu internasional. Selama penampilannya mengikuti Piala Thomas, tim ini belum pernah menggondol gelar jawara dan hanya berhasil menempati posisi kedua atau runner up, yakni pada tahun 2008 yang digelar di Jakarta-Indonesia.
Advertisements

About maulanar
Terima kasih telah memberikan komentarnya... Dan selamat membaca setiap artikel yang ada, semoga memberikan setiap manfaat dari apa yang di baca... May you all be the lucky

2 Responses to 5 Negara Tersukses di Ajang Thomas Cup

  1. jonathan says:

    Kapan juara lagi ??? Kalah mulu..masa ama jepang aja kalah.

  2. sone eri says:

    smoga indonesia bisa lebih maju lagi.
    ayo indonesia trus maju
    i love indonesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s